merdeka ?!

merdeka?! apa esensi dari tangan mengepal, memegang bendera merah putih dan berteriak lantang membahana. ketika, segala pikiran kita masih terbelenggu, terlebih oleh ketidaktahuan dan ketidakmengertian. ya, indonesia memang merdeka sebagai sebuah negara, 63 tahun yang lalu. namun sebagai sebuah bangsa, kita belum merdeka. mengapa? sederhana saja, ada 12 juta anak Indonesia yang putus sekolah. itu indikator yang membuktikan bahwa Indonesia belum sepenuhnya merdeka, karena yang saya tulis disini pun baru perihal merdeka dalam berpengetahuan.

dua dari beberapa komunitas blogger di Indonesia, yaitu bhi dan cahandong, berkolaborasi dalam menyelenggarakan sebuah usaha untuk memerdekakan anak2 bangsa. dengan mengumpulkan buku dari masyarakat untuk kemudian disampaikan kepada mereka yang membutuhkan. setidaknya, dengan usaha ini mereka-mereka yang putus sekolah bisa mendapatkan haknya untuk merdeka.

bagi saya, ini sebuah gerakan yang patut didukung penuh. mudah-mudahan banyak organisasi lainnya yang mengikuti gerakan ini, sehingga kemerdekaan Indonesia sebagai negara bisa dilanjutkan dengan kemerdekaan bangsanya.

4 Komentar

Filed under personal

4 responses to “merdeka ?!

  1. semoga 1000 buku berguna mengurangi 12 juta anak yang putus sekolah.

  2. Semoga dengan ketulusan penyumbang 1000 buku akan membuat bangsa ini tambah maju, maju moral, maju ekonomi, maju semuanya …

  3. wah saya dukung sepenuhnya….kita memang sulit untuk menghapus angka putus sekolah sebanyak itu yg bisa kita lakukan adalah membantu mengurangi tingkat putus sekolah… diharapkan dengan adanya program ini dapat membuat anak2 Indonesia tersenyum kembali dan merdeka dari kesulitannya…..

  4. buku nggak ada hubungannya dengan sekolah dit…
    karena sekolah itu tempat nyari legalitas dan pengakuan untuk sesuatu yang terkadang kita tidak pernah benar-benar mengetahuinya. sedangkan buku adalah sebuah alat untuk mendapatkan pengetahuhuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s