Working for Hope

Dalam surah Ar Ra’du ayat 11, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

Saya pernah berbicara tentang sebuah harapan (hope), maka adalah tanggung jawab saya untuk kemudian berbicara juga tentang bertindak/ber-ikhtiar. Ikhtiar, mungkin kita lebih mengenal kata ‘berusaha’. Ayat dalam kitab suci Al-Qur’an, secara universal menjelaskan  bahwa hope/harapan/impian, tidak akan begitu saja datang dari Langit (Sang Pencipta; Sang Khalik). Dan bahwa hope, dalam proses penciptaannya memerlukan sebuah usaha/ikhtiar dari manusia (Si pemimpi/yang berharap).

Manusia pasti punya banyak mimpi, apapun bentuknya, apapun yang diharapkannya. Sebuah bangsa juga mungkin bermimpi, bermimpi menjadi bangsa yang bermartabat misalnya, dihargai dunia Internasional, diakui keberdaulatannya, dikagumi kemajuannya, dan lain lain. Itu mimpi sebuah bangsa, tentu saja, dalam mewujudkan mimpi tersebut, maka perlu ada usaha/ikhtiar.

Ah. Saya lelah berpanjang lebar, bahasa saya pun cenderung menggurui saya rasa.

Begini saja simple-nya, kita, Indonesia, adalah sebuah bangsa yang majemuk, multikultural, multidimensional. Kita sudah seharusnya sadar soal itu. Indonesia, bukan soal Jawa saja, bukan soal Madura saja, bukan soal Palembang saja. Indonesia ya soal dari Sabang sampai Merauke. karenanya, kita perlu melupakan semua masalah yang mengandung perpecahan, mengingat lagi yang menjadi masalah bersama, hadapi masalah tersebut bersama-sama. Jangan lagi ada ribut soal Agama, Suku/Etnis, Ras. Sampai kiamat pun gak akan habis masalah itu kalau terus diributkan. Banyak hal penting, lebih substansial, dan lebih mendasar yang perlu kita hadapi bersama.

Kita perlu rapatkan kembali barisan, bekerja keras untuk kepentingan bersama. Satu yang perlu diingat, Usaha/Ikhtiar apapun yang dilakukan, adalah untuk Bangsa, dan Negara Indonesia.

selamat bekerja!

Tinggalkan komentar

Filed under personal, works

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s