Memasak Sarden Kalengan (menu ‘agak’ sederhana)

bahan-bahan :

1 kaleng sarden (tergantung untuk berapa porsi, klo lagi ada duit beli sarden yg mereknya Ayam Brand, klo lagi agak cekak yang merek ABC atau lainnya juga enak kok.. :D ), 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 potong jahe (seukuran 2 ruas jari), 2 batang sereh, 3 atau 4 buah cabai merah, 1 buah cabai rawit jawa (awas cabe ganas :D ), daun bawang, 1 buah tomat, gula dan garam secukupnya, 2 sendok makan minyak goreng. air secukupnya (klo suka kuahnya encer, tambahin airnya)

olah bahan :

kaleng sarden (dibuka dong kalengnya :D ), bawang merah dan putih (iris halus atau di geprek sama enaknya), jahe (kupas dulu, kemudian di geprek), sereh (di geprek pentol ujungnya), cabai merah dan rawit jawa (iris halus), daun bawang (iris halus), tomat (potong jadi 4 aja),

cara memasak :

nyalakan kompor dengan api kecil saja. masukkan bawang merah dan putih ke dalam wajan yang sudah agak panas, biarkan sekitar 1 menit. aroma bawang akan muncul. masukkan jahe dan cabai yang sudah dirajang/diiris halus. masukkan sereh. aduk. (sekarang aroma bumbunya semakin wangi.. nyam..:D)

masukkan sarden di dalam kaleng ke dalam wajan. pelan-pelan aduk sarden dan bumbu supaya meresap. tambahkan air sesuai selera, tunggu kuahnya agak mengental. tambahkan tomat yang sudah dipotong dan daun bawang yang sudah dirajang. tambahkan garam dan gula sesuai selera. tunggu hingga matang.

best served :

sajikan bersama nasi hangat yang tidak terlalu pulen (seperti nasi yang biasa digunakan tukang nasgor), dan es jeruk (ada yang pernah noba es jeruk kunci? maknyus sodara-sodara..:D).

selamat mencoba! -)

p.s.: sarden adalah menu kesukaan saya di rumah jogja, entah makan sama adek saya atau sama anak kost lainnya. sama enaknya. :-)

22 Komentar

Filed under cookery-culinary

22 responses to “Memasak Sarden Kalengan (menu ‘agak’ sederhana)

  1. bulan depan ke jogja ah. bagi sardennya yaaah

  2. pastinya bau harumnya akan tercium keseantero kost :D Salam kebersamaan!

  3. @ balibul : siap kang! chef adit siap menyambut kedatangan anda!
    @ yudhis : salam kebersamaan mas!

  4. ira

    coba kornet lah.
    ntar tulis lagi kalo sudah berhasil memasaknya.

  5. eddy

    aq pas mo msk, cm ‘ga tau crnya, thanks..

  6. Lg pengen mkn sarden nih,searching..Eh nemu,,sederhana ya n kaya’ nya enak.Tp sy cuma punya bwng merah n bwng putih aj bumbux,hiks.. Biar deh,hehe..

  7. wira wijaya

    enak juga sepertinya, sederhana tapi MANTAPPPP…
    ijin nyontek resepnya ya…buat dirumah heheh. kali aja laki’ ku jadi suka..
    ntar kalo ada menu baru yang sederhana di publish lagi ya.. :)

  8. wira wijaya

    izin nyontek resepnya ya…

  9. Adi

    Mau nyoba ah….. nyam nyam… thanks resepnya

  10. diki

    duh mantap resepnya makasih ya

  11. Mkci iyY. Brkt nie
    z bs n’bwt nie k dy
    s dy ska bgt n’mknx.
    Sdrhn tp lwr byaSA ma’xx0$ nYA.

  12. Dwi

    Besok mw nyoba ah….kayaknya rasane enak,sedap….sedap….sedap…. Thanks ya resepnya.

  13. Nyari kata kunci “cara masak sarden” eh nyangkut disini,luar biasa,jelas n lugas tutorial’a hehe lgsung menuju pasar..salam kenal sob,sesama anak kost ni.. :)

  14. umi hani'ah

    qu coba ah…

  15. hemmmmmmmmmmm nyumiiiiiiiii

  16. kemas

    enak tu coba skr ah

  17. wau mudah dan sederhana…….ak gk bisa liat resep in jadi bisa…..

  18. roni

    mau nyoba Mas Broo..!!

  19. thanks banget ya tas resepnya…pasti GPL lah…
    langsu di cob nich…..

  20. sarden itu emg rasa.a udh gurih yah ???

  21. Bheilla

    Maksaihh resep.a mudah”an suami ku sukaa yahh :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s